6.2.07

Kenape Betawi Kebanjiran

Betawi Kebanjiran, karena tidak ngikutin cara bangun rumah kaya rumah Si Pitung. Pernah ng ente nglancong ke Marunda, di sono ada bangunan rmah dimane Si Pitung tinggal dan berjuang untuk rakyat Betawi yang ditindes ame Londo dan antek-anteknya (inlander).

Sampai sekarang bangunan itu dijadikan Bangunan Cagar Budaya pemerintah DKI. Tapi cuman sebgai gagah-gagahan punya bangunan cagar budaya dan orang-orang disuruh nglongok untuk nambah PAD katanye. Padahal dulunya Si Pitung di situ malah bagi-bagi duit sama rakyat (Nilai kedermawanan, Nilai Mengayomi, Nilai Ikhlas mengorbankan diri, Nilai membantu yang lemah, Nilai menentang penjajahan, Nilai berperilaku di kota dan berperilaku di pesisir utara Batavia dll) kagag disampaiin atau di dapet dari pengunjung.

Dan terkait dengan "Banjir sekarang 2007" yang hampir 40 % Wilayah Jakarta keleleb, ribuan warga mengungsi, sampai-sampai ade yang tidur di kuburan (karena tanahnya bebas dari banjir). Dengan entengnya bang Yos bilang "musibah" banjir. Emang sih musibah buat rakyat yang ng dipeduliin, tapi sederetan proyek sudah dilisting dengan biaya triliunan rupiah (kanal timur, bendung-bendung, pembangunan tower-tower appartement, Bus way, Mono rel, Water front city dan masi bauuunyak bauuuunget....).

Padahal kalau mau saja belajar dari Si Pitung ng ade tuh crita kuyub keleleb di musim hujan, yaitu dengan model rumah Si Pitung yang ade di Marunde yaitu "Rumah Panggung".
Kagag ade yang mau belajar kearifan Si Pitung terhadap alam sih.

Kata Si Pitung (Imaginer)
"Emang dari dulu Betawi, apalagi Marunda emang tempatnya air."
"Makanye di bangun rumah panggung biar memberi kebebasan air mau ke mane, dan warga betawi cuman numpang tinggal di tempatnya air harusnye tahu diri dong"
"Jangan nyalahin air, emangnye die yang punye tempat masak die yang disalahkan, gimane siiih"
"Apalagi air dikatakan sebagai pembawa musibah banjir, waduh...waduh...."
"Kagag pade belajar dari alam ya, nih warga Jakrte sekarang".

2 comments:

Anonymous said...

Salma Here a big news for you!...

awi said...

yah orang kita emang nggak pada mau belajar, maunya nyalahin orang doank.